Unduh Contoh Format Penilaian Observasi

Unduh Format -  Berikut ini kami bagikan Contoh Format Penilaian Observasi untuk penilaian Sikap  yang termasuk kedalam penilaian Autentik Kurikulum 2013 dalam versi Microsoft Office Word. DOCX.

Contoh Format Penilaian Observasi

Pengertian Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Penilaian autentik adalah suatu istilah/terminologi yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus, mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah (Hymes, 1991). Dalam hal ini adalah simulasi yang dapat mengekspresikan prestasi (performance) siswa yang ditemui di dalam praktik dunia nyata.

Penilaian Autentik dan Belajar Autentik adalah Menurut Ormiston, belajar autentik mencerminkan tugas dan pemecahan masalah yang dilakukan oleh peserta didik dikaitkan dengan realitas di luar sekolah atau kehidupan pada umumnya. Penilaian semacam ini cenderung berfokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual bagi peserta didik, yang memungkinkan mereka secara nyata menunjukkan kompetensi atau keterampilan yang dimilikinya. Contoh penilaian autentik antara lain keterampilan kerja, kemampuan mengaplikasikan atau menunjukkan perolehan pengetahuan tertentu, simulasi dan bermain peran, portofolio, memilih kegiatan yang strategis, serta memamerkan dan menampilkan sesuatu.

Pengertian Penilaian Sikap

Penilaian sikap ini bukan merupakan penilaian yang terpisah dan berdiri sendiri, namun merupakan penilaian yang pelaksanaannya terintegrasi dengan penilaian pengetahuan dan keterampilan, sehingga bersifat autentik (mengacu kepada pemahaman bahwa pengembangan dan penilaian KI 1 dan KI 2 dititipkan melalui kegiatan yang didesain untuk mencapai KI 3 dan KI 4).

Pengertian Penilaian Observasi

Merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati, terkait dengan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini dilakukan saat pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.

Untuk lebih jelasnya lagi, bisa dilihat melalui preview dibawah ini ;

Preview Format Penilaian Observasi Docx 


Semoga dengan adanya Penjelasan dan preview mengenai Format Penilaian Sikap menggunakan cara Oberervasi bisa memudahkan bapak/ibu dalam membuat dan melengkapi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 untuk  berbagi kebutuhan di sekolah.

Silahkan Bagi Rekan Guru yang membutuhkan file yang dibagikan unduhformat.blogspot.com bisa didapatkan melalui link dibawah ini :

Link Download Penilaian Observasi Kurikulum 2013 -KLIK DISINI-
Baca Juga

Demikianlah Pembahasan Mengenai Unduh Contoh Format Penilaian Observasi Semoga bermaanfaat. Jangan Lupa untuk di Share Kembali

0 Response to "Unduh Contoh Format Penilaian Observasi"

Posting Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]